06 April 2015

Hadiah untuk yang Spesial

Saya suka sekali membuat hadiah.
Membuat loh, bukan memberi atau membeli. Itu sudah beda kata.
Saya suka membuat hadiah untuk diberikan pada teman-teman dan orang spesial dalam hidup saya saat mereka berulang tahun.

Alasan pertama selain karena hemat, hadiah yang dibuat sendiri biasanya lebih personal dan berkesan. Hadiah yang dibuat sendiri tentunya tidak akan memakan banyak biaya karena kamu  mengerjakannya sendiri, sepenuh hati :)


Makanya karena suka banget sama bikin hadiah-hadiah ini, saya ngebet banget punya toko hadiah sendiri. Nama toko nya 'Rumah Hadiah' hahaha. Isinya ada pernak pernik ulang tahun, jualan kue juga, semacem gabungan paper studios sama the harvest kali ya hehehe.
Amin.

Mungkin temen-temen yang mampir kesini adalah salah satu dari sekian banyak orang yang lagi kehabisan ide mau kasih apa ke orang terkasih yang sedang berulang tahun. Ide minim, budget lebih minim lagi hahaha.
Oke deh, langsung aja, dibawah ini ada beberapa list hadiah yang pernah saya bikin untuk beberapa teman dan orang spesial saya :)

1. Potret diri
Hadiah ini saya buat untuk teman sekamar saya sekaligus teman dekat saya saat tingkat 1 di universitas tahun 2011. Sampai saat ini saya belum kasih hadiah handmade lagi sama dia, mungkin tahun ini saya coba :)

Bahan : foto, software editing foto (saya pake xiuxiu, photoscape dan photoshop), pigura, dan  kertas kado.
Budget : Sekitar 25-30 ribu. 


























2.  Notes
Hadiah ini saya buat untuk beberapa teman dekat, kebanyakan cowok sih, karena biasanya cowo bingung dikasih apaan, jadi notes aja deh hehe. Jadi nanti dibikin covernya pake photoshop, pake quotes aja biar aman karena cowo biasanya ga pengen yang heboh2. Simple aja, pake background yang kalem dan warna solid. Abis itu cetak di kertas yang agak keras, bisa concord atau buffalo, tergantung printer yang ada di kosan hehe. Cover trus dilaminating, dan disatukan dengan kertas HVS ukuran A5 warna putih. Abis itu semua dirapiin dan minta dijilid ring sama abang fotokopian. Jadi deh :)

Bahan : Photoshop+quotes, kertas tebal untuk mencetak cover, HVS putih 25 halaman ukuran A4, jasa untuk jilid ring, potong kertas seukuran A5, dan laminating.
Harga : 20-30 rb


 

kalo udah jadi bentuknya begini lah :) fufu lucu kan?













3. Doodle Art
Hadiah ini saya berikan untuk ketua BEM saya sekitar tahun 2014. Bareng sama temen saya juga sih, sama-sama ultah di bulan Maret, cuma foto yang doodle-an untuk temen saya entah kemana fotonya, sisa yang ini doang hahaha. 
Doodle an ini saya pesen sama adik kelas, dulu sih belum seterkenal sekarang doodle-an nya, jadi masih murah hehe.

Kamu bisa mengkreasikannya dengan gambar tangan handmade hasil karya seseorang kok, atau coretan abstrak lainnya. Hasil pesenan doodle art ini bisa juga kamu scan trus di edit ke template kaos, hasilnya bisa jadi kaos couple-an, atau tas canvas sablon. Saya belum nyoba sih, karena di sekitar kampus belum ada yang bisa akomodir pesenan kaos dan tas satuan gitu, minimal sekodi lah baru bisa jalan. Hehe.

Bahan : hasil pesenan doodle-an, pigura, kertas kado
Harga : 40-45 ribu


duh liat deh detailnya, keren bgt ya XD



















Sketch by Sutera P (ITP 48)




tas canvas hitam jualan zaman dulu, hahaha >.<

4. Mozaik foto
Hadiah ini bukan secara personal saya berikan sih, tapi dalam lingkup sebagai bingkisan untuk dosen-dosen pada acara Masa Perkenalan Fakultas tahun 2013. Alhamdulillah pas kemarin nengok ke salah satu ruang ketua departemen ilmu teknologi pangan (departemen sendiri hahaha), masih disimpen rapi di lemari. duuh senengnyaa >.<

Jadi mozaik foto ini dibuat dari kumpulan foto2 kecil yang akan kebentuk jadi foto besar yang kamu pilih gitu. Nah pas foto ketua departemen ITP ini (Pak Feri Kusnandar), saya kepo foto-foto beliau waktu jalan-jalan ke Amerika untuk IFT. Ada banyak tuh di share kakak kelas jadi deh saya ambil dan buat mozaik hehe.

Bahan : software mozaik foto, pigura, kertas foto, dan kertas kado
Budget : 25-30rb
























5. Kolase foto
Hadiah ini saya berikan untuk dua orang : yang pertama untuk wakil ketua BEM Fateta pada ulang tahunnya yang ke 21 di tahun 2015. Di bagian yang ada spot-spot warna itu dikasih comment dan wish dari temen-temen se BPH. Lucu deh, bermakna juga karena kan ada tulisan orang lainnya gitu. Jadi kayak full of hope gitu hehe.

Yang kedua untuk adik kelas di ITP yang waktu itu lagi sedih banget abis putus dr cowoknya haha. Untuk menghibur dia, saya berikan kado deh pas ultahnya. Mudah-mudahan Allah berikan pengganti yang lebih baik pada saat yang baik ya neng :)

Bahan : photoshop, printilan scrapbook, foto-foto yang akan diberi hadiah, pigura, kertas foto, dan kertas kado.
Budget : 25-30 ribu














6. Tanaman Hias
Ide ini berawal dari toples kaca yang tidak terpakai, halaman kosan yang ditumbuhi banyak aglaonema, dan keinginan memberikan kado pada temen dekat cowo yang sedang berulangtahun namun sepertinya tidak bisa memberikan apapun karena barang-barangnya branded semua -..- budget di akhir bulan ga cukup utk ngasih kado semahal itu, alhasil menyulap barang bekas menjadi kado hehehe.

Jadi saya dan teman sekamar di kosan menghias toples kaca dengan pasta khusus yang akan mengeras jika didiamkan beberapa lama. Gak menghias sendiri sih, tepatnya memesan hehe. Setelah dihias lalu diisi dengan hidrogel (semacam silikagel yang biasa ada di dalem sepatu namun sudah berisi pupuk), kemudian diberikan tanaman.

Voila! Jadilah kado tanaman hias hehe.
Ide ini kemudian menjadi cikal bakal usaha kami di kemudian hari :)

Bahan : toples/ gelas kaca, pasta khusus untuk menulis di kaca, plastik pascel, kartu ucapan, pita jepang, solatip, hidrogel, tanaman hias
Budget : 40-50 ribu


 


7. Photo Art
Hadiah ini saya berikan pada teman dekat sejak di lorong, yang sejak awal dia ulang tahun di 2011 sudah saya berikan hadiah-hadiah handmade sendiri. Ya kolase foto, doodle-art, hingga photo art ini. Sebenarnya saya gak tahu nama hadiah ini apa, dulu saya pernah googling inspirasi dan dapet jenis nama editing foto pake cara begini tapi lupa namanya apa.

Bahan  : tutorial dan skill photoshop pemula hahaha. Saya belajar dari tutorial di youtube, tapi lupa link nya, nanti coba googling aja dengan keyword 'editing photo typography with photoshop' hehe :)
Budget : 20-25 ribu


lihat detailnya, ada nama teman saya diulang ulang :)

























8. Cover Magazine
Hadiah ini baru saja saya berikan pada teman cowo yang sering sekali menolong saya antar jemput kemana-mana dan selalu nemenin di saat galau melanda hahaha. Karena stock ide saya sudah habis untuk bikin kado apa, tapi kemaren pas bikin kado nomor 7 saya kepikiran ide ini juga, akhirnya dicoba lah nekat bikin. H-3 jam sebelum kado dikasih wkwkw.

Bahan : photoshop, contoh template cover majalah, kata-kata dan barcode utk isi majalahnya, foto resolusi oke, pigura, dan kertas kado.
Budget : 20-25 ribu


























Nah segitu dulu deh list hadiah-hadiah yang pernah saya bikin.
Mudah-mudahan menginspirasi ya :)
Kalo punya ide bisa juga di share disini.

Feel free to ask.
Silahkan tinggalkan pertanyaan kalian di kolom komentar. Jika saya sedang buka blog, insyaallah saya balas.

Happy gifting >.<

3 komentar:

  1. sweet banget sih kaka yang satu ini :")
    apa kabar ka?

    BalasHapus
  2. hai ila :* baik. kamu gmn?

    BalasHapus
  3. handmade buat aku manaaaaaaaaaa?

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...