24 Januari 2012

Sosialisasi IPB

Hey guys, masih tentang IPB sejak dua hari kemarin, saya mau posting tentang sosialisasi ke SMA yang dilakukan beberapa mahasiswa tahun pertama ke SMA dia berasal di daerahnya untuk promosi universitas.

Saya sempet bingung juga nih, soalnya saya mau sosialisasi engga minta surat ke rektorat, that why saya juga engga punya slide presentasi, kalender (for a souvenir?), beberapa foto tentang IPB dan deksripsi departemen di setiap fakultas.

Saya coba googling dan engga banyak menemukan informasi tentang hal itu. Nah, makanya, disini saya mau ngebahas sekaligus share slide presentasi dan keynotes untuk orang-orang seperti saya yang udah ngubek-ngubek google dan gak dapet info yang diharapkan.

Ready?
Nah, jadi, sosialisasi ke SMA itu sebenernya mesti cerdik-cerdas (ini gabungan kata ga sesuai EYD amat sih -___-), IPB biasanya sering engga dijadikan pilihan pertama buat adik-adik kelas kita. Sekolah saya apalagi, karena memang SMK kejuruan analisis kimia, biasanya mereka prefer untuk masuk ITB dan UI. Biasanya pilihan lain adalah UGM, ITS, dan terakhir IPB.

Kenapa sih?
Itu karena promosi IPB ke beberapa sekolah dinilai kurang maksimal. Kalo UI punya tossaka, ITB punya ganessa, IPB punya ga sih lembaga kursus khusus untuk masuk IPB? engga kan? nah, mungkin karena itu juga, informasi dan promosi kurang didapet sama anak SMA, kecuali dari kakak kelas yang ngelakuin sosialisasi.

Belum lagi terkadang penyampai materi sosialisasinya bukan tipe public speaking, alhasil, selain ga interesting dan entertain, anak SMA ngeliatnya jadi boring dan udah males duluan. Yang harus dibenahi ya dari slide power point, kemampuan bicara, dan mungkin bisa ditambah dengan pemberian souvenir khas IPB untuk adik kelas yang aktif bertanya dan berbicara.

Nah, disini saya bikin semacam slide presentasi yang minimalis. Berisi tentanga pertanyaan-pertanyaan yang sering saya ajukan ketika dulu ingin masuk kuliah. Such as..
-Apa aja jalur masuknya?
-Berapa biaya kuliahnya?
-Ada jurusan apa aja?
-Jurusannya belajar apa aja?
-Prospek kerjanya gimana?
-Susah gak sih masuk univ itu?
-Kalo masuk lewat jalur yang beda, biayanya beda ga?
-Beasiswa nya banyak ga? Yang dapet beasiswa siapa aja?
-Passing grade jurusannya berapa, dan kuota tahun ini berapa?

dan lain-lain.
Informasi itu yang mesti dikasih dengan pemanis-pemanis presentasi seperti short movie tentang universitas (di dalemnya bisa dikasih info-info boring semacem fasilitas, prestasi universitas, sampe sejarah univ).

Ya pinter-pinter kita aja deh ngasih info. Jangan sampe cuman ngebanggain univ kita, cuman nutupin borok-boroknya. Itu juga dikasih tau, jangan sampe kita malah ngejerumusin adik kelas kita sendiri. Belum tentu kita cocok di univ ini, sementara mereka juga cocok. Mungkin aja gaya hidup, tingkatan ekonomi, tipe otak, cara berfikir, cara bergaul yang berbeda bisa menentukan universitas dan jurusan yang berbeda juga.

Well, last, ini adalah power point, dan sedikit key notes presentasi yang bisa saya share buat kamu.
Mudah-mudahan digunakan sebaik-baiknya ya :D

Download Smakbo Univ Expo 2012 Files

Tapi yang perlu diketahui, file ini tahun 2012, jadi blm update lagi, terus, ini juga hanya bahas 2 fakultas, Fateta dan FMIPA. karena sekolah saya hanya tertarik di 2 fakultas itu.
FMIPA nya malah ga bgitu dibahas banyak, karena presentasi ini dibawakan oleh saya dan teman. sooo, maaf banget jika terbatas sekali infonya.

Jika ada yg ingin ditanyakan, silahkan komen dibawah, jika saya sedang buka blog akan saya jawab :D makasih!

Okay then, semoga bermanfaat!

12 komentar:

  1. Makasih :) Sangat bermanfaat
    Bisa more info lagi gak? Mau banget masuk IPB nih :(

    BalasHapus
  2. halo, maaf sekali untuk teman2 yang sering dtg ke page ini, ga bisa donwload lagi karena kebetulan saya lupa direct link nya ke 4shared yg mana (account dan paswordnya) ._. nnti saya coba cari lagi hehe.
    feel free to ask here.
    kalo saya sedang membuka blog, pasti saya jawab :D
    selamat berjuang masuk IPB!

    BalasHapus
  3. kak, saya berminat untuk masuk ke ipb. nilai saya lumayan stabil pernah mendapa peringkat 2 dikelas 10 namun tidak pernah masuk 10 besar di kelas 11 dan 12. saya tertarik dengan prodi manajemen hutan dankonservasi sumberdaya hutan. berapasih nilai rerata minimum rapor untu masuk ipb? ditunggu jawabannya :) terimakasih.

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh, kebetulan saya anak fakultas teknologi pertanian, jurusan ilmu teknologi pangan. kalo kamu minat masuk MNH dan KSH, itu coba cek di website snmptn, atau tes masuk perguruan tinggi, biasanya ada jumlah peminat dan passing grade dr tahun sebelumnya.
      utk rerata minimum rapot, saya kurang tau jg sistemnya. karena saya dlu masuk via jalur snmptn tertulis.
      itu yg rapot kan snmptn undangan :D
      coba ditanyakan pada kk kelasnya yang sudah masuk IPB.
      yg saya tau infonya, undangan diberikan pd smua anak di SMA. kalo misal nilai km tinggi, mungkin kesempatannya terbuka besar :D

      tips nya, pilih universitas/ jurusan yang passing grade/ jumlah peminatnya berbeda jauh. misal : saya dlu diberikan max 2 pilihan. dua2nya saya pilih IPB. karena dengan prediksi kalo kelempar dr pilihan 1, pilihan keduanya masih di IPB jadi data2nya dilempar ga bgitu jauh.
      pilihan 1 teknologi pangan ipb (dgn peminat 900 org, kuota 30org), dan pilihan 2 biologi IPB (lupa saya peminatnya brp, tp dibawah teknologi pangan dgn kuota yg hampir sama)

      pemilihan universitas dan jurusan bukan cuma berdasarkan kepintaran dan suka tidak suka jurusannya, tp juga strategi menghadapi saingan :D
      ~semoga membantu :)

      Hapus
  4. terimakasih atas balasannya, kak :) .
    snmptn undangan itu pilihannya hanya berlaku jika sudah ada alumni sma yg berada di univ tsb saja ya? bisa minta rekomendasi prodi dengan pertimbangan nilai fisika dan biologi ngga kak? soalnya nilai saya tergolong baik disitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm, coba deh ke jurusan biologi sama fisika. kalo eksak mending FMIPA. :D

      Hapus
  5. kak, upload lagi dong file nya ;)

    BalasHapus
  6. bisa minta dikirimkan file2 presentasi dan informasi IPB yang ada link nya di halaman ini?..karena saya coba download, sudah tidak ada file nya atau link nya sudah g aktif..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cek lg, insyaallah sudah bisa di download.

      Hapus
  7. kak itu kok ga bisa di download ?

    BalasHapus
  8. Gabisa di download kakaak

    BalasHapus
  9. kak boleh minta presentasinya dikirim ke email odairnatha@gmail.com gak kak? terimakasih

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...