18 September 2014

SUIJI 2014 [Day 3 : Chair’s talk. How to make your curiousity up! ] #5

Day 3 (21 Agustus 2014)

Hari ini adalah hari terakhir di camp Ozu Youth Centre. Mahasiswa Indonesia sampai pada tanggal 19 Agustus malam, kemudian harus pergi di tanggal 22 Agustus. Salah satu orientasi yang saya suka adalah orientasi dengan media belajar sebuah kursi dari Ruth Vergin (salah satu dosen di Ehime University).
Saat itu kami diminta untuk membuat 20 kelompok dengan saling berhitung, kemudian dibagian 1 lembar kertas dan satu kotak spidol. Yang cukup aneh adalah ketika ada sebuah kursi ikut diberikan pada orientasi tersebut.
Kemudian Ms. Ruth menyuruh kami membuat 1 pertanyaan terhadap kursi tersebut. Semua peserta cukup bingung pada awalnya sebelum akhirnya memutuskan untuk menulis pertanyaan pada selembar kertas karton yang diberikan. Lalu ia menyuruh untuk membuat pertanyaan lebih banyak.

first question untuk si kursi :D

another questions :D

Left to right : Kanako-Kazuya-Me-Kana























































Hampir semua pertanyaan berkaitan dengan personal life. Seperti dia berasal dari mana, apa pekerjaannya, apakah dia punya ayah dan ibu, siapa namanya, dll. Kami lalu diberitahukan untuk membuat pertanyaan berkaitan dengan 3x3 keywords yang telah saya jelaskan hari sebelumnya. Dan mulailah kebingungan terjadi.
Saya memberikan judul chair’s talk karena memang kami ‘bicara’ dengan kursi. Pada akhir sesi Ms. Ruth mengatakan bahwa orientasi ini bertujuan membentuk kita lebih curious tentang sesuatu. Tujuan lainnya adalah untuk meningkatkan kepekaan kita terhadap sesuatu. She said ‘If you want to really know and understand, dont just ask, but also feel, touch, and look clearly with your heart.’
Sebagai servant leader yang ingin mendengar keinginan rakyatnya, akan lebih bijak jika pemimpin tersebut tahu apa yang ingin ia cari. Mencari informasi terkait dengan pertanyaan, sehingga sangat penting menjadi orang yang pintar bertanya. Jika kamu menemukan sebuah gunung, thats not just a mountain. Ada banyak cerita dan masalah di dalamnya. Begitupun jika kamu menemukan seorang perempuan tua duduk di serambi rumahnya, itu bukan hanya tentang kenyamanan hari tua, mungkin tersembunyi cerita sedih dibaliknya yang harus kita cari tahu, cari dengar dan atasi bersama.

These are photos for today ^^

IPB Mengajar on Japan!
(setiap org wajib membuat poster tentang pengabdian masyarakat)

aksi nyata dari Pengmas BEM F 2014

discussion about Zenitsubo (morning)

what do you want from this SUIJI SLP?

Speech in front of all people in Ozu Youth >.< mee..mee..

snacking party before leaving tomorrow :3

the boys at snacking party :D

















































































































































Thats all for today. Thanks for keep reading my story ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...