10 Juli 2014

SUIJI 2014 [Tentang Paspor] #2

Post kali ini tidak berkorelasi kuat dengan post sebelumnya disini, artinya, walau tidak membaca post sebelumnya kamu masih bisa mengerti tentang cerita disini :)

Seperti judulnya, cerita tentang SUIJI 2014 kali ini adalah tentang membuat paspor. Saya baru saja membuatnya di hari Senin kemarin, 07/07/14, jadi ingatan saya masih segar sekali saat membuat cerita ini. hehe.

Saya mendaftar secara online, kemudian pergi ke kantor imigrasi kelas II Bogor untuk melakukan proses selanjutnya. Akan saya buat alur prosesnya dalam numbering system agar mudah dimengerti :)

1. Lakukan pendaftaran paspor secara online
Untuk melakukan proses pendaftaran secara online, kamu bisa mencari panduan lengkapnya di internet, sudah banyak caranya, dan tentunya mudah. Dari pihak imigrasi bahkan sudah membuatkan pdf nya tentang cara pendaftarannya. Perlu diketahui, sebelum membuat paspor online, siapkan scan KTP, KK, dan akte kelahiran. Buat dalam bentuk grayscale/ hitam putih, dengan ukuran 100Kb- 2MB. Setelahnya lakukan pendaftaran seperti yang diajarkan oleh panduan.

2. Print out bukti pra-permohonan, lalu pergi menuju bank BNI terdekat
Setelah proses pendaftaran selesai, akan dikirimkan bukti pra-permohonan ke email kamu. download, print, kemudian siapkan uang untuk ke BNI.


























Pergi menuju teller bank, lalu katakan ingin membayar pembuatan paspor. Kita akan dikenakan biaya administrasi sebesar Rp5000, sehingga total yang perlu kita bayar Rp360.000. Sejak tanggal 3 Juli, pembuatan paspor memang naik menjadi Rp300.000, hehe, sial memang, saat di kampus buatnya pas banget 3 juli ._.

3. Datang ke kantor imigrasi pada waktu yang telah kita pilih
Hal penting yang harus disiapkan : akte, KTP, dan KK asli, berserta fotokopinya masing2 1 lembar. Khusus untuk KTP, jangan difotokopi ukuran kecil, tapi langsung aja perbesar ukuran A4. Bawa pulpen hitam juga untuk nulis dan tanda tangan ^^

Datanglah sejak pukul 7 tepat! Walau ditulis disuratnya jam 8, pokoknya sampe kantor jam 7, gak pake ngaret! Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi nyasar (macem saya), atau antrian yang mengulaarrr.

Fyi, kantor imigrasi bogor itu ada di jalan ahmad yani. Kalo dari Jambu dua lurus terus, nanti perhatiin kiri jalan, nomor 65. Tapi gak di kiri jalan persis. Saat udah menyentuh nomor 70, perhatiin kanan jalan, ada gang cukup besar, silahkan masuk ke situ, terus ada belokan ke kanan. Masuk teruuussss, nanti ada banyak mobil dan motor parkir. Disitu deh kantor imigrasi. hahaha.
Ga jelas ya? Yaudah googling aja deh, atau tanya orang disitu :P

Ah elah, pagi banget. paling kantornya belum buka | Gak percaya nih?

Saya dateng pukul 7.20, dan antrian sudah macem ini. 

tempat duduk penuh :(



















Apaan aja sih yang dilakukan di kantor imigrasi? Nih, saya buat alur yaa, biar ga bingung >.<

a. Datang pukul 7 tepat. Saya dateng jam 7.20 karena sempet nyasar dulu hehe. Waktu saya sih buka nya untuk program online jam setengah 8, jadi cuma nunggu 10 menitan.

b. Setelah itu datangi bapak satpam di meja registrasi, nanti dikasih surat pernyataan gitu, bahwa apa yang kita isi itu benar dan tidak untuk menipu. sehabis tanda tangan, tunggu dipanggil.

c. Bapak satpam akan mempersilahkan bagi para pendaftar online untuk langsung menuju ke loket informasi, di sebelah kanan ruangan. nanti diarahkan untuk mengantri. 

d. Setelah dipersilahkan ke meja informasi, ada petugas yang akan meminta semua berkas kita. jika salah akan dipersilahkan memperbaiki, jika sudah benar, kita diberikan map kuning dan diminta langsung ke loket 006 di sebelah kiri ruangan.
inget ya dokumen yang penting : KTP, KK, akte kelahiran (asli dan fotokopi), lalu bukti pembayaran di BNI juga dibawa. 

e. Taruh map kuning kita diloket 006, lalu tunggu dipanggil. Sekitar 30 menit kemudian, nama saya dipanggil, disuruh nulis di buku gitu, dan disuruh meminta nomor antrian di security. 
loket 006, rameee beneerr >.<

nomor antrian saya. 




































ngeh ga? Antrian saya diambil pukul 08.10, dan sisa antrian tinggal 22 orang. Kebayang kalo dateng jam 8 tepat, bisa gak kebagian zzzz ._.

f. Setelah dapat nomor antrian, tunggu nomor kamu dipanggil ke loket 11 dan 12 untuk foto dan wawancara. Untuk dipanggil ke antrian foto ini 45menit, dan untuk wawancara 10 menit. Lama sih, soalnya antrian ini dicampur antara yang online dan tidak, ya gak heran jadinya lama.

g. Wawancaranya ditanya mau kemana, ngapain, dan dicek keaslian akte. sempet juga dikasih wejangan : 'kamu tuh calon-calon sukses nih, asal nurut sama orang tua ya neng'. saya sih senyum-senyum aja, sambil mengaminkan dalam hati :D

h. Setelah wawancara, kamu akan diberikan waktu dan tanggal pengambilan paspor. Saya dapet hari Jumat jam 13.00-15.00, dan harus diambil sendiri, gak bisa diwakilkan.


ini di cap di struk pembayaran BNI saya




















4. Datang ke kantor imigrasi pada waktu yang telah ditentukan untuk ambil paspor
Bawa form pengambilan yang dikasih tadi, dateng ke loket 006, tunggu, dan jadilah paspor kamu :D

***
Udah deh gitu aja prosesnya. Simple kan?
Sekarang udah gak jamannya pake calo lagi sih sekarang mah, pemerintah kita sudah mempermudah sistemnya dengan cara online dan pemisahan pembayaran di Bank BNI. Hal ini harusnya mempercepat proses pembuatannya, karena hanya tinggal kroscek kelengkapan dokumen, foto dan wawancara.

Total waktu yang saya perlukan hanya 2 jam kok, bisa sambil melakukan sesuatu yang bermanfaat sambil tetep dengerin panggilan sih, siapa tau nomor kamu dipanggil ^^

Semoga bermanfaat ~~

2 komentar:

  1. Halo selamat siang, ingin bertanya, untuk upload dokumennya pada saat sebelum dapat email konfirmasi untuk membayar atau sesudah ya? Soalnya waktu saya daftar sebelum dapat email konfirmasi tidak ada upload berkas2 tidak seperti buku panduannya.

    Duh jadi bingung... takut salah... Terima kasih ya...

    BalasHapus
  2. kamu daftar nya pra permohonan untuk buat paspor baru 48 halaman bukan? hrusnya sih upload dulu baru kemudian pilih tanggal ke kantor imigrasi, dan masukan kode captcha (kode acak yg biasa dipakai utk menghindari spam), lalu baru deh bukti pra permohonan dikirim ke email.

    googling sudah? keywordsnya panduan mengisi paspor online, nnti keluar link download paling pertama di deretan search google dr ipass.imigrasi.go.id
    hrusnya ada upload.

    silahkan cari info lain. mungkin salah pilih permohonan.

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...