08 Juli 2014

SUIJI 2014 [Awal Cerita] #1

Well, seperti judulnya, rangkaian post dengan label 'SUIJI 2014' akan menceritakan cerita-cerita yang saya jalani selama proses pendaftaran, wawancara, proses keberangkatan, cerita selama di Jepang, dan beberapa hikmah yang mungkin saya tangkap selama SUIJI 2014 berlangsung.

Part 1 ini akan membahas tentang background SUIJI itu apa, dan mengapa akhirnya saya memutuskan untuk ikut program ini.

Yang belum tau apa itu SUIJI, itu adalah singkatan dari Six Universities Initiative Japan Indonesia, terdiri dari Ehime University, Kochi University, Kagawa University, Institut Pertanian Bogor, Universitas Gadjah Mada dan Universitas Hasanuddin. Bentuk kegiatannya adalah SLP (Service Learning Program) yaitu mahasiswa dari masing2 univ akan tinggal di daerah perdesaan Shikoku Jepang (Agustus-September 2014), dan di Indonesia (bulan Feb- Maret 2015) untuk melihat masalah di daerah tsb, menganalisis dan mencari alternatif pemecahan masalahnya. 

Yang belum tau dimana itu Shikoku, nih saya lampirin fotonya


Shikoku Region




















Di shikoku nanti, mahasiswa yang lolos akan dibagi menjadi ke beberapa perdesaan lagi untuk bekerjasama dengan masyarakat desa dan mahasiswa dari univ Jepang selama lebih dari 2 minggu (20 agustus - 7 september) untuk menyelesaikan masalah-masalah perdesaan tersebut.
Shodoshima island  (prefektur yang saya pilih) 



















***


How to Apply?

1. Pastikan kamu adalah mahasiswa Indonesia, dari 3 universitas ini (UGM, IPB, UNHAS), dan minimal sedang menempuh semester 4.

2. Karena saya di IPB, saya tahu tentang  program ini dari ICO (International Collaboration Office) atau ICO IPB. Kamu bisa add fanpage nya di facebook, dan semua infonya ada disana. Mulai dari persyaratan, hingga info tentang SUIJI tahun tersebut (yang biasanya terdapat perubahan peraturan dr tahun ke tahun)

3. Penuhi semua persyaratannya. Saya hanya perlu 8 syarat (formulir, foto 4x6 dengan latar merah, transkrip akademik, CV, surat keterangan sehat dari dokter, letter of enrolment dari fakultas (keterangan aktif sbg mahasiswa), toefl prediction (min. 450), dan surat rekomendasi dari dosen pembimbing). 
Perlu diketahui semuanya harus dalam bahasa inggris. Termasuk transkrip dan surat keterangan sehat dari dokter. Gimana caranya? saya akan buat FAQ di akhir post ini ya, sabar ^^

4. Apply semua requirement dalam bentuk pdf, lalu di rar/zip, lalu dikirim ke email ICO/ mas rahadian. Tergantung nanti diinfokan harus dikirim kemana.

5. Wait. Berdoa. Di tahun 2014, yang mendaftar ada 40-50 orang, dan yang lolos hanya 16 orang. Kenapa? Nanti baca di FAQ ya ^^

6. Setelah lolos, akan ada proses wawancara. di tahun 2014, ada perubahan sistem dari 2013, yakni tiket pesawat hanya dicover sebagian oleh pihak SUIJI. Hal ini menjadikan saat wawancara, pertanyaan paling pertama diajukan adalah mengenai kesanggupan mencari dana tambahan untuk tiket pesawat (perkiraan antara 3-7 juta). Sisa pertanyaannya hanya tentang diri kamu, organisasi apa yang sedang ditekuni, mengapa perfektur tersebut yang kamu pilih, apa yang kamu cari dari sana, apa yang akan kamu lakukan setelah dapet ilmunya, bisakah kamu berbahasa jepang, apakah kamu suka makan ikan, dll. Wawancaranya dalam bahasa inggris. Bisalah yaaa, ga susah kok ^^ Kalo kamu sedang ada di luar kota saat wawancara berlangsung, wawancara akan dilakukan via telp. Dont worry :)

7. Akan ada pengumuman sekitar 3-5 hari setelah wawancara. Saat saya menulis ini, saya sudah diterima menjadi bagian dari 12 orang yang diterima dalam program SUIJI SLP 2014 ini. Langkah selanjutnya adalah pembuatan paspor (buat yang belum membuatnya) dan akan ada sesi pembekalan yang akan muncul di next post :D

***


Mengapa saya ikut program ini?

1. Karena programnya pendek, hanya 2 minggu, dan selama liburan, jadi tidak akan mengganggu jadwal kuliah. Walaupun pada kenyataannya di jadwal yang sama, saya sedang ada PT (praktikum terpadu) di ITP IPB, tapi, kesempatan tidak pernah datang 2x bukan?

Remember this quotes
saya hanya tidak ingin menyesal saat tua nanti :D
















2. Karena ke Jepang. Salah satu negara yang ingin saya kunjungi, dan sepertinya saya pernah menaruh di list 2014 bisa ke Jepang hehe. Allah baik sekali ya mengabulkannya ^^

3. Karena programnya dibiayai (nyaris) penuh. Tahun 2013 kemarin penuh, hanya saja saya ketinggalan info, dan saya pikir juga tahun ini full covered. Tapi entah mengapa saya optimis bisa berangkat kok, banyak sponsor yang bisa diajukan untuk sekedar membiayai tiket pesawat yang half covered. 
Fyi saja, kemungkinan tiket PP Jakarta-Matsuyama sekitar 14 juta, belum ditambah dengan perjalanan dari matsuyama ke perfektur yang saya tuju (Shodoshima adalah yang TERJAUH dari seluruh perfektur, pake nyebrang pulau lagi ahhaha). Well, kerja keras belum selesai kawan ^^

***

FAQ 
(tentang Pendaftaran SUIJI 2014)

1. Bagaimana cara membuat transkrip  dan surat keterangan sehat bahasa inggris
Cara membuatnya mudah jika di IPB. Cukup membawa fotokopi transkrip berbahasa indonesia sebanyak 1 lembar (mulai dari semester awal hingga akhir), lalu pergi menuju rektorat, cari loket nomor 2, lalu tanyakan tentang pembuatan transkrip berbahasa inggris. Kamu akan diminta mengisi beberapa berkas dan membayar sebanyak 25rb. 
Transkrip bhs inggris kamu bisa diambil 3 hari kemudian :)

untuk surat keterangan sehat, kamu bisa pergi ke klinik terdekat. kalo di IPB bisa parfa, atau RS. medika dramaga, atau RS. karya bakti pertiwi. Minta surat keterangan sehat saja. Kalo saya di parfa, cuma 30rb, hehe. saat minta surat keterangan sehat, sekalian juga kasih form health certificate yang sudah terisi nama kamu. Formatnya bebas, cari saja di internet yang memuat minimal berat badan, tinggi badan, dan tensi darah. Minta dokternya tanda tangani surat keterangan tsb juga. Jadi ada 2 yang dilampirin : yang indonesia asli dari kliniknya, dan yg berbahasa inggris dari kita dan sudah di ttd dokter+cap klinik.

2. Mengapa dari 50 pendaftar hanya tersisa 16 orang?
Sebenarnya jawaban jujurnya adalah tidak tahu. Yang membedakan saya dengan teman-teman lain hanya : form dan CV. Sisanya seperti surat2 keterangan sama saja. Jadi silahkan dimaksimalkan disana, hehe. Tonjolkan kejelasan apa yang ingin kamu lakukan disana, dan apa yang bisa kamu dapat disana untuk diaplikasikan di indonesia.

3. Mengapa memilih shodoshima sebagai perfektur yang dipilih?
Karena yang paling nyambung dengan jurusan teknologi pangan, hanya shodoshima hehe :D
Hal yang akan dibahas disini terkait Safe Food Production. Dimana Shodoshima (Kagawa Perfecture) terkenal dengan aromatic soy sauce, soumen noodle, and tsukudani (fish or seaweed boiled in soy sauce).
Shodoshima juga dikenal sebagai birthplace of olive cultivation in Japan. Punya Olive Park, dan juga punya  Kabuki, one of the most famous traditional performing arts in Japan, yang dilakukan di Farming Village Kabuki Stage, yang dimulai sejak abad ke 18 hingga sekarang. Gak tau juga deh pas saya kesana apa pas banget sama acaranya apa engga :P

4. Apa sih yang ribetnya dari program ini? Worth ga sama usahanya?
Cuma 1 : half covered. itu doang sih yang gak enak dan bikin ribet hehehe. Sisanya mudah2an menyenangkan ^^ Soal worth sama gak worth, kalo kata Mapres IPB tahun 2014 Stella Allineshia, yang sudah ikut SUIJI 2013, worth banget kok, even she said, this program changed her life. Hayoo siapa yang gak penasaran untuk ga ikut coba? :D


***

Well edisi pertama sepertinya cukup. Hehe.
Post ini sebenarnya saya buat untuk teman-temen SUIJI 2015 yang mungkin tertarik untuk ikut dan bingung memulai darimana.
Semoga bermanfaat dan nantikan post selanjutnya ^^

PS : you can contact me in email amalia_khoirunnisa@yahoo.com if need any materials to apply this program. But please be patience because i'm not checking my email everyday :D

18 komentar:

  1. waaa.. sangat membantu ini kaak..
    Selamat ya kak :) ikut senang, doakan saya bisa nyusul tahun depan
    Salam kenal, Zahra GM 50

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...