30 April 2014

Animals at Home

Ih, udah lama ga ngepost hehe :)
Randomly post sih, saya pengen ngepost jenis binatang yang pengen saya pelihara jika punya rumah nanti.

Memelihara binatang akan mengajarkan anak-anak tentang banyak hal. Seperti bertanggungjawab (dalam hal memandikan, memberi makan), melatih empati dengan bersikap baik terhadap hewan, membantu anak berinteraksi (karena biasanya anak-anak suka bicara dengan binatang mereka :p), membuat mereka lebih aktif karena akan menemani hewan mereka berlari-larian, dan hal-hal lain.

Dibawah ini ada sebuah artikel yang saya kutip dari sini, bahwa ada beberapa manfaat memelihara binatang peliharaan terhadap kesehatan dan pertumbuhan si kecil. Diantaranya adalah :

1. Sebuah studi menemukan bahwa hewan peliharaan membantu anak-anak untuk membaca lebih baik. Pada tahun 2010, UC Davis School of Veterinary Medicine melakukan penelitian yang meminta anak-anak untuk membacakan buku di depan binatang peliharaan mereka dan hasilnya, mereka menunjukkan adanya peningkatan kelancaran membaca. Selain itu, psikiatri Anak dan Remaja mengatakan hewan peliharaan juga dapat membantu anak-anak mengembangkan keterampilan komunikasi non-verbal. Dan beberapa ahli mengatakan anak yang tumbuh dengan hewan peliharaan memiliki IQ lebih tinggi dan kecerdasan emosional.

2.  Peneliti telah menemukan bahwa anak yang tumbuh dengan memiliki anjing atau kucing dapat mengurangi risiko asma dan alergi. Sebuah studi tahun 2004 di University of Wisconsin anak yang tumbuh dengan memiliki anjing di rumah memiliki sistem kekebalan tubuh yang lebih kuat dan lebih efektif memerangi masalah pernafasan kronis.

3. Anjing membuat Anda lebih aktif karena harus mengajaknya berlari dan bermain di luar rumah. Center for Physical Activity and Nutrition Research di Deakin University, Australia mengatakan bahwa anak-anak atau orang dewasa dalam keluarga yang memilihara anjing, lebih aktif secara fisik dan kecil kemungkinannya untuk menjadi gemuk.

4. Bagi anak yang menderita autisme, dalam kegiatan sehari-harinya terutama yang melibatkan keadaan sosial baru, merupakan hal yang sangat sulit begi mereka. Pada tahun 2010, University of Montreal menerbitkan sebuat peneltian yang ditulis pada jurnal Psychoneuroendocrinology, menemukan bahwa binatang peliharaan dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan anak autis.

5. Studi tahun 2009 di New York State Psychiatric Institute menunjukkan bahwa kepemilikan binatang peliharaan memberikan sumbangan besar terhadap terapi dan rehabilitasi untuk orang dewasa dan mengurangi risiko penyakit mental yang serius. Adanya bintang peliharaan, membuat kita merasa selalu ada yang menemani dan mendorong interaksi sosial yang baik untuk kesehatan mental.
Nah kan? Artinya memelihara binatang di rumah itu tidak buruk :)
Oke, ini adalah 5 jenis binatang yang ingin saya pelihara di rumah. Semuanya mewakili 5 jenis hewan dalam kingdom animalia kecuali reptil hehe. Mamalia, amphibia, pisces, dan aves :D

favorite animals ever :3


Paling suka dengan kucing warna abu-abu. Bukan anggora, bukan jenis persia. Yang biasa aja. Soalnya kalo jenis itu biasanya males dan mager, dan dia gendut, makannya banyak hahaha, padahal lebih baik dia nangkep tikus aja >.<

Oh ya, ini kura-kura. Kenapa dia masuk list? Soalnya di rumah ada kura-kura yang saya beli sejak lulus SMA, namanya mocho :3 Sekarang ukurannya udah sekitar 10-15 cm.
Nanti kalo saya punya rumah, dia mau dibawa sekalian hehe. Biar anak-anak bisa tau jenis binatang reptil yang unyu dan calm macem mocho :D

burung beo

burung nuri
Kenapa 2 burung ini yang dipilih? 
Burung beo karena dia berisik. Hahaha. Setidaknya dia bisa membantu anak-anak berlatih berbicara. Karena beo kan menirukan cara bicara kita :3
Terus kalo burung nuri karena dia warnanya bagus. Suka aja sama warna-warnanya hehe :D

Terakhir ikan koi. Kenapa koi?
Karena warnanya bagus, bentuknya ikan banget (haha), kalo ikan mas koki kepalanya kegedean aneh -.-
Dan kalo ikan koi artinya nanti saya pengen bikin kolam biar seger aja di rumah ada kolamnya :D

Segitu aja deh, maaf ya randomly post.
Lumayan bikin seneng disaat masa pra-PMS gini :P






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...