29 September 2011

Inspiring

foto bersama PDD PEMIRA (selesai uji SK)
"Gue rasanya pengen marah aja deh, Grace,"
"Kenapa emangnya?"
"Kenapa rasanya semua bergantung sama gue?"
"Karena pada saat yang sama elo sedang inspiring people tau, Li."

***

Saya lelah sekali kemarin. 
Ketika saya harus berada di empat tempat yang berbeda pada waktu yang nyaris sama.

Satu, klub fotografi asrama. 
Saya datang sudah mepet waktu karena jam kuliah berakhir lebih molor dari biasanya. Datang ketika materi fotografi sudah dimulai. Beruntung masih bisa menyimak beberapa materi dan bertanya satu dua hal. Menunggu absent sampai di tangan saya, kemudian beranjak meminta izin dengan tatapan 'engga rela' dari SR (Senior Resident), dan cabut ke tempat kedua.

Dua, panitia pemilihan raya BEM KM IPB.
Saya datang di saat rapat sudah setengah berjalan. Senyum miris dan engga enak hati karena jarkoman dari koordinator mengatakan harus datang ON TIME. Saya bukan orang yang suka terlambat, tapi fotografi baru memulai materi pertamanya, mana mungkin saya gak datang dong?

Tenggang waktu antara acara kedua dan ketiga cukup jauh, satu jam, sehingga saya bisa sedikit santai. Tapi apa mau dikata? Rapat berakhir tepat waktu, tapi saya kebetulan bertemu dengan ketua BEM yang notabene susah banget atur janji, dimana saya punya tugas wawancara beliau, jadi, terlambatlah saya datang ke acara ketiga.

Tiga, rapat kominfo magang BEM TPB.
Jadi, di IPB, ada TPB (Tingkat Persiapan Bersama) untuk tahun pertama mahasiswa baru. Disini juga ada BEM nya, dan sebelum masuk kesitu, dibuka Open Recruitment untuk magang BEM. Nah, kebetulan saya ikutan acara magangnya, namanya SMASH (Sambut Meriah Sahabat Harmoni). Saya masuk ke departemen kominfo (Komunikasi dan Informasi). 

Rapatnya dimulai 18.30, dan saya baru datang 19.30. Parah, ngaret satu jam! Engga saya banget! Tapi untungnya rapat masih belum menemukan titik temu, dan ketika saya datang, alhamdulillah titik temunya tercapai dengan beberapa gagasan dari saya.

Beres? Jangan salah.

Sampai asrama, saya mengejar jam malam, ditutupnya gerbang asrama jam 9 malam. Kalo sampe lewat beberapa menit, biasanya kena hukum SR (Senior Resident) untuk kincir tangan, beresin rak sepatu, atau ngambilin sampah 1 lorong. 

Alhamdulillah tuh, gak kena jam malam, tapi ternyata bu Lurah gedung saya meng-sms begini.
"Buat para RT, silahkan berkumpul di lobi atas jam 9 malam untuk membahas beberapa pengumuman bagi warga lorong masing-masing."

Ya Tuhan!

Muka lepek, wajah kusut, mata sembap karena kurang tidur, mesti begadang juga karena banyak tugas dan praktikum, membuat saya mudah sekali tersinggung dan terpancing emosinya.

Kemarin saya mengeluh kepada teman satu kelas tentang bagaimana sibuknya saya mengatur jadwal ini itu, ditambah tugas kelompok yang seperti mengukung saya untuk mengatur, mengajarkan, menjadwalkan segalanya agar tugas beres tepat waktu dan semua anggota kelompok mengerti apa yang dikerjakan.

Saya berkata ingin sekali meletakkan semua tanggung jawab itu sejenak di bahu seseorang sementara saya memilih tidur seharian di kamar. Satu hari saja. Tapi kemudian perkataan Grace membuat saya terdiam.

"Karena pada saat yang sama elo sedang inspiring people tau, Li." 

"Inspiring gimana?"

"Karena engga semua orang bisa mengatur segalanya sebaik elo, seteratur elo, dan setegas elo. Orang seperti kehilangan arah dan pegangan ketika elo engga ada. Banyak orang yang kepengen bisa tambil di depan umum dan speak up tanpa rasa malu kayak elo. Banyak juga yang pengen lolos setiap OR event dan organisasi mahasiswa sesering elo."

"Tapi kan capek Grace jadi gue."

"Apa yang lo dapetin sekarang hasil pilihan lo sendiri sejak awal. Kalo emang ga mau sibuk, kenapa ikutan segala macem organisasi dan kepanitian? Lo bisa kuliah pulang kuliah pulang aja kok."

Jeda lama sekali setelah Grace berkata itu.

Mungkin memang saya lelah, tapi tak sepatutnya juga saya merasa marah dan lepas kontrol.
Apa yang saya dapatkan sekarang adalah apa yang saya pilih sebelumnya.

Bersyukur dan melakukan yang terbaik.

Saya pun tidak boleh sombong dengan segala kesibukan ini, tetap harus ingat bahwa tujuan saya paling UTAMA disini adalah KULIAH. 

Semangat! IPK harus diatas 3.5! :D

*aniwei, saya jadi kepengen bikin blog satu lagi isinya tugas-tugas saya yang sudah dikumpulkan, siapa tahu tahun depan bisa kepake untuk adik kelas saya. Gimana? Tapi takut dikopas abis-abisan euy, malesin banget kalo gitu -,-

4 komentar:

  1. Waduh, itu warna jaketnya kayak warna jaket almamater ITB.. :D

    BalasHapus
  2. resiko jadi orang yang menginspiring orang lain (:

    BalasHapus
  3. tetap semangat aja....dan tetap tersenyum :)

    BalasHapus
  4. @mas asop
    hehe, sesama biru gitu loh :P

    @lain
    iya yaa, :')

    @atma
    thx yaa :)

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...