16 Juli 2011

Tutorial Makeover Blog

Udah lama pengen bikin tutorial, tapi bingung tutorial apaan. Pengennya crafting, tapi dasar saya nya males, jadi aja tiap abis bikin craft gak difoto tahap-tahapnya, bahkan hasilnya keburu dibungkus dan dibawa pulang. Hahaha, ga niat mempublish, masih ga pede cuuuyyy!

Ya udah deh, mendingan tutorial blogging aja.

Saya bukan mau bikin tutorial bikin blog, udah banyak, hehe. Jadi ini tutorial untuk merombak blog, makeover, dan bikin blog kamu makin kece.

Gak ada niatan mengajari sama sekali, saya juga masih amatir, hehe, jadi kalo ada yang lebih pro dan mau kasih komen dan kritik, mongggooo, saya terima dengan senang hati.
Tapi sebelum baca, coba di cek syarat-syaratnya dibawah ini:

1. Kamu udah punya blog.

Jelas yaa, soalnya saya males bikin tutorial bikin blog lagi, hehe.
Silahkan googling di mbah gugle untuk menemukan tutorialnya sendiri. Ini adalah link teratas yang bisa saya temukan silahkan mampir kesana :)


2. Sabar

semua butuh proses loh, termasuk bikin dan mempercantik blog kamu. jadi gak ada yang instan, bahkan tahap yang paling instan pun tetep butuh kesabaran. baca dengan baik, niat untuk belajar dengan ikhlas, dan jangan lupa bertanya kalo gak tahu. hehe. kalo frustasi karena blog kamu malah tambah acak-acakan setelah direhab, silahkan signout dulu dan tenangkan pikiran. Hehe. Sabar buuuu :*

Tapi kalo kamu males bikin sendiri? Gak papa lagi, kamu tinggal download aja template yang udah jadi dari web penyedia template gratis. di klik aja yah di:

yang saya pernah pake yang nomor satu, selebihnya gak pernah, hehe, kalo emang belum nemu yang cocok silahkan cari sendiri ya, mbah gugle banyak kasih info kok :D

atau mungkin mencari seorang web designer yang bisa buatin kamu blog kece? coba cari disini
dan cara pasangnya dilihat disini

a. Setelah kamu download, cari file nya, biasanya dalam bentuk winzip, please extract, cari file berbentuk xml.


b. Masuk ke Dashboard, cari Design


c. Edit Html

e. Browse

f. Cari file xml tadi

g. Upload

h. Kalo ada pertanyaan tentang widget, klik aja KEEP WIDGET.  


i. Selesai


Kalo kamu udah suka sama satu template, please disimpen, caranya sama kayak yang diatas dari step b dan c, lalu kamu klik download full template, dan simpan.


Kalau sampe kamu otak-atik dan blog kamu ancur, setidaknya masih ada backup nya :)

One more thing, waktu kamu download template baru, biasanya tata letak widget kamu berantakan, kamu harus benerin lagi di Page element ya.
Dashboard ; Design; Page Element

Done?
Let me know kalo di step ini kamu bingung ya :)

3. Kamu punya account Photobucket. Gak mau jelasin gimana, silahkan cari info sendiri, mudah kok, hehe :)


4. Template kamu minima

karena kalo yang lain, duh, saya gak bisa, lagian, semua tutorial ke bawah untuk minima, so, please change your template first, kalo gak yaaa, close aja tutorial ini, hehe. Caranya? untuk yang pro, silahkan pergi ke dashboard, cari design, edit html, scroll ke bagian bawah, cari select layout template, pilih minima, selesai.

Atau, silahkan ikuti tutorial berikut :)

a. Masuk ke Dashboard


b. Klik Design

c. Edit Html


d. Scrool ke bawah cari "Select layout template"


e. Ubah ke minima, lalu klik save template




5. Kamu tau ukuran blog kamu sendiri. panjang dan lebarnya, soalnya nanti menentukan untuk bikin header dan background,
find out nya gimana? 
pergi ke design, edit html, coba lihat, yang 900px itu ukuran total blogmu, yang 600px itu ukuran main atau bagian yang diisi tulisan. itu bisa diganti, 900px udah cukup besar, kalo diatas 1000px nanti kegedean diliat di komputer orang :) sisanya yang 300px itu punya sidebar kamu.


Jadi nanti kalo mau bikin, lebarnya 900px, panjangnya 1200px juga cukup. dicoba-coba aja, kalo pas di save template kepotong, brarti ukuran kamu kebesaran. :)


6. Kamu bisa photoshop. 

Gak papa, walau sedikit, serius, saya juga masih newbie banget, jadi yuk sama-sama belajar! Oh ya, jangan lupa, kamu juga harus punya photoshop program di komputer kamu. Yang saya pake disini CS4, mungkin yang lain bisa, tapi jujur saya katakan, saya cuma bisa CS4, haha :p

7. Kamu mau belajar, bukan mengkopi.

Yuk kita sama-sama belajar, saya juga masih dalam tahap itu. Oleh karena itu, saya ngambek banget jika ada yang mengkopi tulisan tutorial ini tanpa ijin, secara gituuu, saya buatnya setengah mati. Tapi jika kamu berniat sharing dan belajar bersama temen kamu juga, its okay, tapi cantumkan link blog saya. Oke? Jangan jadi plagiat!

8. Saya juga belajar.

Semua isi tutorial ini terus terang gak original. Saya belajar dari banyak blog, dan link-link yang saya pasang adalah link dimana saya belajar dari mereka. Jadi, jika nantinya ada pertanyaan yang gak bisa dijawab, tutorialnya kurang lengkap, harap maklum, saya juga masih belajar.


Oke, itu aja syaratnya. Hehe.

So, lets start!


Background

Sekarang gini, kamu mau yang polos atau berhias macem-macem?

Yang polos kamu bisa pakai salah satu background polos punya shabby princess, untuk background yang macem-macem, silahkan kunjung blog nya mbak sinta disini (part one and part two). Mbak Sinta sudah mencantumkan tutorial yang snagat sangat berguna dan enak untuk dibaca. So, lets visit her!

atau silahkan mampir ke makincuteblog, tutorialnya mudah untuk diaplikasikan :)
Free background from makin cute. silahkan dicoba :)

Part 1 RECOMENDED banget tentang Easy DIY custom blog, klik disini: satu, dua, tiga, empat. kamu bisa langsung punya blog cantik dengan ikutin empat step dari makincute, kalo bisa eksplore dan jago photoshop, kamu bisa padu padan header dan background kamu dengan printilan dari shabby princess :)

Part 2 dan 3 nya juga tentang makeover, yang ini lumayan sulit, tapi layak untuk dicoba. silahkan kunjungi blog dia disini dan disini ya :)

Makincute juga bikin tutorial berguna yang mungkin kamu mau aplikasikan ke blog kamu, ada 3 level.

Silahkan dikunjungi dan dilihat, mungkin kamu memerlukannya untuk mempercantik blog kamu :)

then, blog yang paling mantep yang pernah saya temui. Blogbluk.com
Free background from blogbulk nih, monggoo :)

Silahkan baca cara pasang gambar untuk background blog kamu dengan mengikuti caranya disini

What you have to do is learning. Belajar, sabar, semua butuh proses. Hehehe. saya memberitahu semua yang saya tahu, jadi kamu ya tinggal kunjungi blog-blog diatas dan membacanya dengan sabar. :)

Header

Makin cute ngasih cara buat bikin header dengan cara simple. Find out here, here and here
dam versi susahnya yang amit-amit (padahal belum nyoba), hehe, untuk yang suka fotografi dan mau bikin flash header, find it out here and here

Blog Bulk bikinnya versi video, mungkin kamu tertarik? silahkan cari disini 


Well, saya kira cukup, hehe, untuk sidebar, postingan berwarna, divider, signature, semua bertahap yaaa, cuapeeek euyyy :D

Untuk signature, sidebar, postingan dll saya biasanya referensi blogbulk. klik disini untuk lihat list otak-atik blog dari blogbluk mulai dari sidebar warna-warni, title posting dengan gambar lucu, bikin previous next sama home dengan gambar, dll.

Tapi kalo untuk design nya signature saya bikin sendiri di photoshop pake shabbyprincess. dan kayaknya cape euy kalo dilanjutin sekarang, nanti yaaa :)

Well, selamat mencoba! sing sabar yaaa! :D



np: sorry kalo kebanyakan link, saya males ngajarin lagi, hehe, dan memang link diatas udah sangat sangat bagus dan recommended untuk dilihat, kalo nanti saya bikin lagi namanya plagiat dong :p

5 komentar:

  1. kalo km pake tutorial dan banyak link didalamnya, saranku yg copycat forbidden diilangin aja deh..hehehe...soalnya repot, linknya banyak mau buka pake kena omel dl copycat is forbidden...xixixixii

    BalasHapus
  2. wah, postingan berharga ini...tapi aku bisa gak ya utak atiknya? hehehehe...

    salam kenal, Lia...tinggal di bogor ya? :)

    BalasHapus
  3. @mbak glo.
    iya udah aku ilangin mbak

    @mbak rona
    iya aku tinggal di bogor.
    hayu utak utik :D

    BalasHapus
  4. mb lia, kalo mau memakai template yang di design oleh para designer itu gimana cara mendownloadnya? trimakasih sebelumnya

    BalasHapus
  5. Hi Lia.. aku dewi, salam kenal.. =D
    aku baru ni di dunia bloging.. Mau nanya.. cara biar blog kita biar ada lagunya kaya blog km ini gmn caranya..?
    sama biar posting kita bisa ada di search google gmn ya..? mksudku biar postingku bs di baca sama orang..aku baru nulis 8 posting..
    trima kasih..

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...