15 Juli 2011

Besanan Nyok!


image is taken from here
 Di suatu siang, panas dan cukup bikin gerah walau sedang berada di dalam rumah, saya dan mama berada di kamar. Saya sedang tiduran saja di tempat tidur yang memang beralaskan lantai seperti tempat tidur di kamar kost, dan mama sedang menyetrika baju.

Kami jadi sering mengobrol akhir-akhir ini karena saya yang berstatus pengangguran. Masuk asrama masih bulan Agustus, kuliah di mulai tanggal lima belas, saya belum prepare sama sekali membeli barang-barang untuk di asrama selama kurang lebih sebulan, dan well, uang masuk kuliahnya juga masih belum cukup hingga hari ini.

Obrolan berputar antara tetangga sebelah yang baru hamil lagi, biaya kuliah dan alternatif jalan keluarnya, lalu mama ngomel karena saya malas (haha), atau tentang pisang yang berbuah di kebun kami. Tapi kali ini berbeda, gak tau ada angin apa, mama membahas masalah jodoh.


Berawal dari ceritanya bertemu dengan anak kecil, cucu seorang sahabat lamanya, masih tetangga jauh beda RW. Cucu sahabat mama, sudah berumur lebih dari satu tahun tapi jalannya masih ‘juntai’. Istilah orang Sunda untuk layangan putus. Artinya, jalannya sempoyongan kayak orang mabok.

Sahabat mama, namanya ibu Nonon, punya tiga anak. Sulung dan penengah laki-laki, berumur sekitar 30 dan 25-an. Sementara yang bungsu perempuan berumur 20-an.

Mama   : “Cucunya bang Rahmat jalannya masih juntai tuh, padahal udah setahun.”

Saya       : “Bang Rahmat anaknya bu nonon?”

Mama   : “Iya, cucunya kan perempuan, umurnya lebih tua beberapa bulan dari si Baim. Liat aja si Baim aja udah bisa lari-lari.”

Saya       : “Yah namanya anak beda-beda mah. Bang Rahmat umurnya berapa si?”

Mama   : “Paling juga 27-an, ngelangkahin kakaknya tuh nikah.”

Saya       : “Bang Iman?”

Mama   : “Iya. Eh kak, dulu kan mama diajak besanan sama Bu Nonon,”

Saat mendengar hal itu, saya yang sedang asik tidur-tiduran sambil menyelesaikan rubik 4x4 yang setengah jalan langsung bangun dan menyimak dengan lebih niat, haha.

Saya       : “Hah? Iya tah?” (pasang tampang serius)

Mama   : “Iya, katanya gini, ‘Ning, kite besanan nyok! Lu kan punya anak cewek atu, gue dua, nanti udah gedean lah kite jadi besan.’”

Saya       : “Trus mama bilang apa?”

Mama   : “Ah mama bilang aja engga, lha orang masih jaman SMP apa SMA gitu. Gak mau ah jodohin anak, takut gak suka juga kan, kakak sama bang Rahmat atau bang Iman.”

Saya       : (pasang muka sebal) “Ya iya juga sih, sekarang bang Rahmat udah nikah, bang Iman udah mau 30, pikir-pikir lagi deh. Tapi sayang juga, mereka kan ganteng-ganteng mah.”

Mama   : “Iya juga sih, hehe, sayang yak? Jadi harusnya mama terima aja gitu?”

Saya       : “Yaaaa, telat kali maaa..”

Mama   : “Hahaha, namanya gak jodoh tuh kak. Lagian si bang Rahmat udah dijodohin sama adiknya teh Isam, tetangganya tuh yang temen ngaji mama juga, katanya sih pinter ngaji, sholehah lah bisa jadi istri yang baik.”

Saya       : “Terus jadi tah??”

Mama   : “Engga, katanya bang Iman kagak mau.”

Saya       : “Kok gak mau mah?”

Mama   : “Nungguin kamu kali. Hahaha.”

Saya       : “Wooooo, ngarep dot kom dooonng!”

Obrolan yang gak begitu penting untuk dibicarakan namun membuat saya senyum-senyum sendiri mengingatnya. Masalahnya, setiap minggu Bang Iman sering lari pagi dengan kaos pendek yang menampakkan otot bisep dan trisepnya booo. Versi briptu Norman tanpa lesung pipit dan kulit yang lebih putih. Ckckck, ngilerr :9
Bang buruan nikah dah, jangan nungguin saya, hihi, XD


6 komentar:

  1. ahahhaa....


    salam kenal, tukeran link yok..

    BalasHapus
  2. hihihi, mau aja deh ... :D

    BalasHapus
  3. @bana. oke. tapi saya gak ngerti maksudnya tukeran link apa ya? hehe :P

    @bu dey.
    eeehh, xixi jadi maluu :D

    BalasHapus
  4. lha.. lha.. km jadinya kul dimana non?

    BalasHapus
  5. hahahahhaa.....otot2nya kerenan mana sama rio dewanto?
    hehehhee.......

    BalasHapus
  6. @mbak maya.
    aku di IPB mbak :)

    @mbak glo.
    hihihi, siapa mbak rio dewAnto? -.-a

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...