15 Juni 2011

Gadis Penjual .....


image is taken from here
Bukan, saya gak mau ngedongeng kok, hehe. Trus kenapa gambarnya itu?

Yah, abisnya tadi pagi tiba-tiba mau posting tentang cerita jualan saya jaman sekolah dulu (dulu? baru juga setahun yang lalu, hehe) dan dapet wangsit gambarnya si gadis penjual korek api, haha. Ga meaning banget yak. Gimana kalo judulnya jadi 'Gadis Penjual Makanan'. hehe :p

Jadi gini loh, saya lahir di keluarga yang cukup. Cukup mobil tiga, handphone lima, motor empat, rumah tiga. hahaa, bukan, bukan. Cukup, beneran deh, dicukup-cukupin makan, sekolah, rekreasi, semuanya serba cukup. Alhamdulillaahh..


Saya pas sekolah  dulu jualan. Awalnya pas kelas 2 SMA. Iseng-iseng tetangga bikin risoles isi kentang dan wortel, dan beberapa kali bawa ke sekolah ada yang minta dan katanya enak, akhirnya nyoba bawa deh, satunya 500 rupiah, dan rasanya gak kalah sama risoles isi daging atau ayam. Pertama bawa cuma 20 biji, dan habis di hari pertama. Hari kedua bawa 30, terus 40, dan seterusnya sampe 100 biji perhari. Alhamdulillah tuh, untungnya sehari 10ribu. Hehe, gak besar memang, tapi saya menikmati proses jualan dan anak-anak yang ribut pengen beli.

Terkadang kalo event sekolah guru-guru pesen sama saya juga, bisa sampe 500biji, dan yah, saya gak bikin, cuma memasarkan, tinggal bawa dari rumah ke sekolah, terima uang, beres. Habis ga habis urusan dia, hehe, saya gak nerima barang dibalikin.

Selain risol, saya jualan nasi bungkus. Jadi, saya cuma dikasih 10ribu buat jajan setiap hari, ongkosnya aja bolak-balik udah 6ribu, jadi yah, paling makan siang sama somay aja. Nah, karena uang jajan yang gak gitu besar, saya berinisiatif bawa bekel dari rumah. Kebetulan nyokap orangnya rajin, tiap hari masak mulai jam 5 pagi, sarapan jam 6, dan saya bisa bawa lauknya buat makan siang.

Setiap jam makan siang dan istirahat, saya selalu di dalam kelas, gak jajan, gak ke kantin. Beberapa anak ada yang ikut nyobain bekal makan siang, dan katanya enak, jadilah kita makan bareng. Pertamanya, anak-anak rumahan jadi ikutan bawa bekel dan kita tuker isi bekel barengan, seterusnya anak kost yang minta dibawain bekel sama saya, soalnya males nunggu di kantin, selain penuh, pesenannya lama dateng, keburu laper.

Jadinya saya pagi-pagi bangun lebih pagi dari biasanya buat bungkusin nasi dan lauk temen-temen. Awalnya gak banyak, hanya satu dua bungkus. Lama-lama jadi 10 bungkus, dan nyokap udah mulai pusing dengan menu yang harus diganti setiap harinya.

Udah? Belum. Hahaha. Selain risol dan makan siang, paginya terkadang saya bawa nasi goreng atau nasi kuning dalam mika kecil ukuran 2ribu buat sarapan pagi, dan juga jajanan ringan model tango, gery, richesee, biscuit dan coklat untuk cemilan pas istirahat.

Jadilah setiap harinya saya bawa tentengan, jinjingan kayak orang mau ke pasar. Hehe. Isi tas saya itu buku-buku pelajaran dan modul yang naujubillah banyak. Apalagi kalo kebagian praktek di lab, saya bawa sepatu dan jas lab yang gak boleh ketinggalan.

Tangan kanan megang tas besar berisi kotak risoles dan atasnya bungkusan nasi. Tangan kiri megang bungkusan nasi uduk dan jajanan ringan.

Belum lagi, saya naik bus mini, yang kapasitasnya 20 orang tapi terkadang dijejelin sampe 40 orang. Dan biasanya berdiri. Lengkap? Belum. Saya harus turun di kolong jembatan karena kalo ikut sampe terminal lama karena memutar dan ongkosnya lebih mahal. Oh ya, jalan ke sekolah saya ada di atas jembatan itu.

Jadi, setelah keluar tol, turun dari bus, saya menyusuri sisi jalan tol yang cukup curam, lewat sungai kecil yang kadang kalo habis hujan, tau sendiri bogor, meluap dan mesti loncat, naik dari kolong jembatan, dan masih harus jalan sampe sekolah.

Hahaha, perjuangan man! Tapi saya gak merasa terbebani anehnya. Seneng banget malah, bisa punya uang sendiri, usaha sendiri, keringet sendiri. Dan ternyata usaha saya nambah nilai plus untuk pelajaran kewirausahaan di sekolah. Hehe.

Nah, bentar lagi wisudaan adik kelas saya nih, rencana mau jualan bunga mawar. Biasanya orang-orang terdekat wisudawan wisudawati mau beliin bunga buat mereka tuh, saya udah dapet sumber bunganya, tinggal jualan aja.

Kedua, mau jualan gantungan handphone wisudawan kayak yang di blog mbak ndandut. Cuma sekarang lagi dalam proses bisa atau engga pesennya, karena ukuran yang saya minta cukup kecil untuk gantungan handphone, dan harganya juga, tau sendiri lah kantong anak sekolahan. :D

Aniwei, sekarang saya sedang off jualan sejak bekerja. Gak tau nih jiwa dagang saya kemana, hihi. Oh ya, saya juga penganut asas jualan orang Cina loh. Gak harus ambil untung banyak, yang penting kejual banyak. Jadi kalo mau jual bunga dari abangnya itu 3ribu, ambil aja untung 500rupiah, jual 3500, untung boleh sedikit, tapi yang terjual pasti banyak karena dibawah harga pasar kan? Hehe. And it works!

Ada yang mau bagi cerita pernah jualan apa? hehe.

11 komentar:

  1. saya saya saya!
    saya pernah jualan diri... (apa seh?)
    engga... jual tenaga... tukang jaga rental komputer pas jaman SMA. hahah... masa2 seperti ini nantinya tidak akan terlupakan lho dek... :D

    BalasHapus
  2. hahahha.....aq haman kuliah dl jg jualan roti, ada tetangga yg rotinya enak :D trus tmn2 kampus pada pengen, hehehehheh...lumayan untungnya....aq jg asasnya yg penting laku bnyk, gt :)
    hehehhe...skrng sih cm jualan pulsa, kalo dmn2 pulsa 5rb jadi 6rb, beli di aq cm 5500 hehehhee...jd banyak yg beli dehhhh

    BalasHapus
  3. @mbak annes.
    Haayaah, benar itu jual diri. hihi.
    emeberr, ga akan deh, jadi pengen balik lagi ke masa di mana anak2 kelas lain ribut sms suruh jualan ke kelas mereka, haha.
    =.=a

    @mbak glo.
    iya mbak? murah bener. situ di semarang sih, aku biasa beli 10rb jadi 12rb. hahaha.
    kalo deket aku beli deh :D

    BalasHapus
  4. huaaa!! sama dunk macam saya duluu jaman sekolah ;). Skarang masih jualan juga siiih. Seru ajah!

    BalasHapus
  5. @mbak amanda.
    wah, masih jualan, aku barusan mampir, jual macem2 yah, hihi :D

    BalasHapus
  6. ih aku jualan apa ya?
    oh iyaaa... jualan kosmetik!
    hahaha...

    serius, untungnya lumayan, tapi aku keburu bosen dan capek!
    wong ga punya naluri bisnis!
    mendingan nulis! hihihi...

    salut lho sama lia :)

    BalasHapus
  7. @mbak enno.
    hihi, udah dirimu mah nulis sama jd editor aja, udah cucokcokcok! :D

    BalasHapus
  8. waaah... Lia hebat!! asah terus naluri dagangmu Li, tau kan ada pepatah dari 10 pintu rejeki, 9 pintunya adalah berniaga..
    aku juga seneng dagang kok, awalnya sama kayak kamu, kita termasuk keluarga yg cukup.. :) dan aku bersaudara banyak..

    BalasHapus
  9. @mbak vita.
    iya katanya mbak, dagang itu pintu rejeki paling besar.
    nnti pas kuliah mau dagang lagi kok, hehe.
    ayo jualan jualaan! :D

    BalasHapus
  10. gue! gue! inget ga gue jualan kripik SETAN yang akhirnya bikin seantero 2A kepedesan, seu hah seu hah, sakit perut sampe muntah darah? (boong lebay) :p kangeeeeen. tar kuliah gue mau jualan lagi aaaah~

    BalasHapus
  11. ah elu mah nda, gue juga korban kepedesan keripik setan elu, hahaha :p
    eh tapi kangen siah, gue jadi kepengen lg :9

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...