01 April 2011

Papercrafting!


Hari ini followers saya bertambah cukup pesat, hihi, makasih mas Andy, udah ngajak gabung ke bloffers, jadi enak. :D

Aniwei, just wanna share my others hobby, yaitu crafting. Bulan kemarin sempet magabut (makan gaji buta red.) sampe sebulan karena anak-anak ga ada jadwal lab. Mereka lagi pada ujian semester, jadilah saya bingung mau ngapain.
Akhirnya, hunting sana sini, dapet deh kerjaan. Hehe.
Crafting, paper crafting.

Saya kan bosenan orangnya, jadi sekarang udah jarang bikin, soalnya beberapa template paper craftnya mudah banget, jadi ga tertantang. Ada juga yang susaaaahh banget, jadi gak bisa-bisa.
Hehe.
Tulisan kebawah mungkin rada boring, tapi terusin deh, lumayan buat nambah ilmu :p

Pepercraft apaan sih?

Ini tuh seni melipat kertas, tapi bukan origami. Kalo origami itu kan prosesnya melipat tanpa lem, kalo yang ini masih pake lem, bahkan menggunting, menempel, dan melipat juga. Seni ini popular banget di Negara Asia, Eropa, dan Jepang (yaiyalah, Negara sendiri), dibanding Amerika Serikat.

Sejarah nya gimanaa?
Awalnya, dari sumber yang saya ambil nih, papercraft ini di cetak di majalah pada abad 20, dan dinamain Card Modelling. Pernah kan beli majalah ada gambar dan poster yang bisa dilipet dan digunting? Ini awalnya, terus makin menanjak sejak perang dunia ke II, dimana kertas saat itu ga dibatesin produksinya. Sekarang kan udah global warming, jadi harus hemat-hemat pake kertasnya =.=a

Tahun 1941 Inggis menerbitkan 100 model yang berbeda dan popular banget termasuk papercraft di bidang arsitektur, kayak bikin pesawat terbang sampe kapal laut.

Fungsinya apaan?

Hehe, nyampah sih sebenernya. Tapi kalo buat yang hobi, ini bisa dijadiin koleksi, hiasan rumah, atau ningkatin kreatifitas anak-anak kita (wew, berasa tua, hihi). Udah gitu ngelatih kesabaran juga, soalnya bikin paper craft gampang-gampang susah, kalo emang ga apik dalam menggunting, melipat dan menempel, bakalan ancur deh hasilnyaaa :)

Katanya nih, semakin sering kamu ngerjain papercraft, maka semakin kreatif dan terjaga kestabilan emosi kita, masa sih? =.=a

Cara bikinnya gimana?

Cara bikinnya ga susah. Udah ada polanya malah, kita tinggal ikutin aja, gak seperti origami yang ga ada pola yang bisa diikuti. Bahkan ada beberapa pola yang udah ada contoh jadinya, dengan tanda-tanda buat pemula jadi dia tau yang mana yang harus digunting, dilipat, dan dilem.

Tapi ya itu, mesti sabar. Kamu harus punya waktu luang yang cukup banyak buat ngerjain ini, so, do it in holiday season guys!

Kabarnya, papercraft itu ngasilin uang loh. Ada beberapa kolektor yang suka ngumpulin papercraft yang bikinnya susah. Kayak bikin gundam, anime-anime, itu kan potongan-potongannya kecil, jadi ribet kalo bikin sendiri.

Lumayan lah buat jajan-jajan, soalnya modal yang kita siapin buat bikin papercraft relatif mudah, murah dan gampang dicari. apa aja sih? niihh..

1.      Kertas concord/ buffalo berat 200-220 gram
2.      Printer
3.      Pattern (bisa didonwload di internet, nanti saya kasih linknya di bawah)
4.      Gunting
5.      Lem
6.      Penggaris untuk melipat rapi dan lurus
7.      Tusuk gigi untuk melipat bagian-bagian kecil
8.      Cutter

Nah, lumayan kan? Kalo mau lihat beberapa hasil karya saya yang belum diambil sama anak-anak di sekolah, bisa dilihat dibawah niihhh.. :D

pig, dog, rabbit, turtle, and gold fish (ada yg garis2 berarti dicetak pas printer rusak :p)

ondel-ondel khas betawi, pattern taken from here

2011 calendar (pattern taken from here)

japanese ghost (pattern taken from here)

i love this one. cuteeee >.<

ini salah satu contoh pattern nya :D

Well, ini saya kasih link buat downloadnya yaa


http://paperkraft.blogspot.com/(koleksi kedua yang saya suka donlot)
Well, selamat berpapercrafting ria yaaa! :D

5 komentar:

  1. wuah keren, saya suka papercrafting,
    cari kertasnya dimana yaa? baru nyoba pake kertas hvs 100 gsm masih kurang kuat,

    BalasHapus
  2. kereeen, hebattt.
    semakin rumit semakin mahal kan ya.

    BalasHapus
  3. @mas mukti.
    kertasnya di toko buku banyak mas. atau fotokopian. bilang aja kertas buffalo, atau kertas buat kliping. harganya 500 selembar.
    atau beli di gramedia/ toko buku, concorde berat 200-220 gram
    tapi pilih warna putih, biar kayak kertas biasa :D

    @mbak fiction
    hihi, makasih mbak. mampir ah nnti :D

    BalasHapus
  4. Saya takjub dengan orang2 yang bisa dengan telaten membuat figur Gundam dengan papecraft. :D Di foto saya gak percaya bahwa itu terbuat dari kertas, tapi setelah lihat sendiri, saya terpana. :D
    Masalahnya, ngegunting dari bentuk kertas itu harus rapi, dan menempelkannya juga harus pas. Saya nyerah deh kalo soal papercraft... Ngerakit model kit gundam beneran aja saya kurang rapi... :D

    BalasHapus
  5. @mas asop.
    weleh, kalo gundam mah saya juga gak bisa mas
    ini mah yg difoto baru yg simple pattern aja
    cuma hobi dan blm berniat tekun dan fokus bikin yg lbh susah
    hehe

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...