15 Maret 2011

Sahabat dan Orang Lain


foto dari sini


Ini cerita tentang bagaimana seseorang yang kamu anggap sahabat ternyata gak lebih dari sekedar ‘orang lain’.

Perlu digarisbawahi, saya yang jelas bukan tipe sanguinish popular yang terkenal dengan kebiasannya wara-wiri ngobrol sana-sini, memang mungkin tidak peka. Ditambah koleris kuat yang saya indap sejak lahir dan melankolis sempurna yang saya tahu ternyata baru ngefek dalam diri saya sejak SMA.

Intinya, saya jelas bukan seorang teman yang mengerti kondisi teman yang lain.
Seriusan, saya bukan orang yang peka, yang suka mendengarkan dan akhirnya nangis barengan kalo temen saya cerita. Atau yang malah ikutan riweuh, ribet sana-sini, tolongin sana-sini, dan akhirnya berakhir dengan happy ending.

Engga.

Saya cuman berusaha sekuat saya untuk mendengarkan *walau ujung2nya bete karena saya bosen dengan orang ngeluh*, berusaha sebisa saya untuk membantu jika memang ada yg perlu dibantu, dan smuanya selalu berakhir dengan ketidakjelasan masalah yang dihadapi teman-teman saya.

Eniwei, kata-kata favorit saya untuk setiap orang yang curhat adalah, think twice, be wise. Karena terkadang orang curhat sebenernya cuman butuh didengarkan, mereka marah, kecewa, kesal, dan lain-lain, yang saya ngomong pun gak didengarkan, yang advice saya rata-rata masuk telinga kanan dan kiri, tapi masiiih aja saya ngomong cuman karena ketika  saya bicara bisa membuat mereka rileks, merasa dihargai, dan merasa tahu kalau ternyata di dunia ini mereka engga sendiri.

Kata favorit lain untuk yang cerita adalah diri kalian tahu solusi terbaik untuk masalah yang kalian alami. Itu sih yang saya rasain yah, karena solusi emang beneran ada di dalam diri kita, cuman kita perlu orang lain yang mendukung kita untuk solusi itu. Merasa kita benar di jalan itu, dan akhirnya menjalaninya dengan perasaan ringan.

Well, karena sifat saya yang seperti diatas itu, ketidakpekaan saya seperti membawa hal buruk kepada hubungan cinta seorang teman.

Begini, mungkin saya yang salah yah, suka haha hihi sama cowok yang emang asyik diajak ngobrol, dan kebetulan, cowok itu adalah gebetan sahabat saya.

Sahabat saya, yang selanjutnya akan disebut cinta, mengenalkan saya pada cowok 
ganteng bermata sipit bernama rangga, yang saya sendiri engga pernah tatap muka secara langsung, Cuma kenal dari facebook aja.

Cinta menyuruh saya meng-add rangga sebagai friend di facebook, dan itu saya lakukan.

Tapi kemudian hubungan saya dengan rangga mungkin dilihat cinta terlalu dekat, dengan adanya kesamaan pada buku yang kita suka baca, dan cara bicaranya yang kekanakan terlihat manja dengan saya yang kata orang-orang keibuan, *apa gaya cerewet emak2 ya? Haha*

Lalu di suatu malam, sepulang saya dari tempat les, berjalan kaki dengan tungkai yang mulai lelah karena diforsir bekerja dari pagi hingga larut, getaran terjadi di saku celana saya.

Sebuah sms dari cinta masuk.

Saya terkejut membacanya, sekaligus miris.

Cinta     : Sudah sedekat apa loe sama rangga?
Saya      : sebatas wall di facebook dan sesekali chat. Kenapa?
Cinta     : kok kayaknya deket banget sih?
Saya      : engga lah, cuma gitu doang, kenapa, lo cemburu? Santai aja, gue gak ada rasa kok sama dia.
Cinta     : bukan cemburu. Gue cuman ngerasa elo langkahin aja. Kayaknya gue nyuruh lo nge-add dia bukan buat nyomblangin lo deh.
Saya      : (diam) 

Kalimat yang ingin saya tulis di sms pertama adalah

Ya Allah, gue engga sampe segitunya kali nyerobot gebetan orang. Kok loe tega sih nuduh gue sampe segitunya?

Tapi sms itu saya hapus. Lalu saya ganti dengan..

Saya      : sorry kalo lo ngerasa dilangkahin. Gue engga akan hubungin dia lagi, kalo perlu gue remove dia dari fesbuk gue.
Cinta     : bagus deh, dari dulu harusnya.
Saya      : iya, sorry sekali lagi.
Cinta     : ya, sama-sama.

Tahu apa yang terjadi? Seketika itu saya tersenyum. Sungguh, saya tersenyum dengan bulir-bulir tangis di sudut mata saya.

Tadinya saya ingin berdebat, hanya untuk mempertanyakan kemanakah kewarasannya hingga segitu terbutakannya cinta dan tidak melihat bahwa kami sudah lama sekali berteman?

Seketika itu saya terdiam sepanjang perjalanan bus. Saya sesekali tertawa, lalu kembali diam. Masih dengan perih yang menyiksa di dada.

Ketika sampai di rumah, saya menyegerakan mandi, karena mandi adalah sebuah ritual sakral bagi saya setiap pulang ke rumah, untuk meredakan amarah yang banyak menggelantung di kepala saya karena seharian bertemu dengan banyak orang.

Lalu saya menatap langit-langit kamar, mencoba merileks-kan diri saya, dan berharap mungkin yang terjadi hanyalah sebuah kejutan menyenangkan di april mop.

Tapi saat itu bukan bulan april.

Dan saya tahu itu kenyataan.

Untuk seterusnya saya mencoret dia dari daftar sahabat saya.
Saya tahu, mungkin ini karena kesalahan saya juga yang tidak bisa menempatkan diri saya di atas kepentingan percintaan orang lain.

Tapi saya masih tak mengerti, hingga kini, ketika akhirnya rangga pergi meninggalkan cinta untuk pekerjaannya, dan cinta mereka hanya jadi unrequited love, saya terus bertanya, sekaligus bersyukur.

Kenapa bisa dia bersikap seperti itu?

Dan terimakasih untuk rangga

Ia menunjukkan kepada mata saya apa artinya sahabat dan orang lain dalam satu jasad yang sama, sahabat saya, cinta.



Ps: Jika cinta membaca ini, maaf kalo ternyata saya tidak bisa lagi bersikap selayaknya sahabat dekat lagi padamu, bukan karena saya tidak memaafkanmu, tapi karena, kini bagi saya, kamu hanya orang lain, yang saya tidak begitu mengenal :)

2 komentar:

  1. kak lia :D udah aku baca nih postingan nya :) nice posting kak :) keep writing yah ..

    iya nih, aku harus belajar dari kesalahan aku :( maaf baru sempet bales commentnya kak lia, lagi ujian semester nih :D

    BalasHapus
  2. @casta.
    iya gpp, thx sudah mampir :D

    BalasHapus

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...