08 Maret 2011

Do what you love and love what you do??



Pernah denger kata-kata
‘do what you love and love what you do’?

Bermakna banget euy.

Cuman ternyata bikin kata-kata gak segampang prakteknya ya?

Do what you love.

Saya sendiri gak nyangka loh, nyemplung di dunia pendidikan bisa sebegini menyenangkan, I mean, hei, saya kira guru cuma jadi cita-cita SD saya yang gak akan kesampean. Lha orang ngeliat guru zaman skarang banyak yang bobrok, saya jadi males.

Heeehh, tapi saya mikir lagi, kalo saya aja males untuk jadi guru karena sikonnya orang-orang yang bikin jelek nama guru itu, berarti saya tidak mengusahakan perubahan terjadi dong?

Indonesia needs young generation to change! Buat jadi lebih baik setidaknya. Kalo saya nya aja udah nyerah, gimana Indonesia di beberapa tahun mendatang atuh? *emang saya segitu berpengaruhnya ya? Haha. Pokoknya setelah lulus, program pertama yang saya akan ikuti adalah Indonesia mengajar! Harus bisa majuin pendidikan Indonesia di daerah pedalaman!!

Saya suka menulis, and I am doing it right now. Saya suka fotografi, insyaallah mau coba pelajari caranya walau belum kepikiran dan masih malu tanya sama yang udah pro megang kamera (karena saya sendiri belum punya kamera), tapi insyaallah lah sedang mengusahakan tahun depan udah ikut klub fotografi! Ayeeeyy!

Saya suka crafting. Model origami, papercraft, atau seni menempel dan kerajinan tangan lah, pemanfaatan botol bekas, pelepah daun pisang, dan lain-lain. Malahan kepengen suatu saat punya gift shop sendiri tapi barangnya dari bahan pemanfaatan limbah. Huuu, udah gak zaman kampanye global warming cuman ikutan pidato sama bikin poster! Look into yourself! Sampah permen aja masih dibuang sembarangan! :p (thanks to Jawa yang menyadarkan saya untuk lebih action ttg masalah buang membuang, hehe)

Saya suka sibuk, haha. Saya pengen ikutan atau kerja nyobain jadi event organizer. Bahkan kepengen punya EO wedding sendiri. Tapi wedding yang islami, kan jarang tuh. Sibuk nya pasti seru, ngobrolin mau masak apa buat menunya, gedungnya dimana, fitting baju pengantin, beli souvenir, cari tukang rias, dekorasi pelaminan, huaaa ngebayanginnya aja udah sibuk, sibuk, sibuukk!!

Oh ya, sampe lupa, saya suka bacaa! Kepengen pergi hunting cari buku-buku yang saya suka ke bandung dan Jakarta, keliling ke café buku yang cozy buat baca di bandung (lupa namanya apa), pergi ke perpustakaan nasional (sedihnya belum pernah kesana), sampe kepngen bikin list buku apa aja yang sudah saya baca, kasih referensinya dan summary nya juga. Tapi kapaan yaa? =.=a

Saya sebenernya berjiwa petualang tinggi, cuman kadang kemalesan untuk beranjak dari tempat tidur di minggu pagi jadi membuat saya masih stuck jadi tukang ngiler setiap denger temen naik gunung, rafting, parasailing, sampe bungee jumping.

I wanna do those things!

Karena begitu terasanya adrenalin yang mengalir di setiap pembuluh darah saya setiap membayangkan bisa mengikuti semua hal itu! Tapi dasarnya emang males olahraga, jadi we saya cepet cape, pokoknya harus minimal satu kali ikut semua challenging adventure itu! :D

Ps: ketika menulisnya do what you love, smua mengalir begitu saja, bagaimana dengan love what you do? *belum-belum jari2 udah keiket timbangan beras.

Love what you do.

Karena terkadang something happens without our expectation.
Jadi buat apa guling-guling nangis sambil nanya kenapa apa yang kita harapkan gak sampe ke alamat kita? Mungkin nyasar di tetangga sebelah? *celingak-celinguk

Allah selalu tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya.

Itu prinsip yang saya pegang ketika merasa sebuah kekecewaan nyempil di hati.
Kalo minjem istilah temen saya mah, kekecewaan itu nyempil kayak nasi nyempil di gigi, kalo gak buru-buru di sikat, bisa bolong dan ujung2nya nyakitin.

Makanya kekecewaan itu mesti diberantas, pertanyaannya, sama apa?

Ya balik lagi atuh neng, karena Allah selalu tahu apa yang terbaik untuk hamba-Nya. Cinta-Nya yang gak pernah habis selalu dikasihin sama kita, bahkan ketika kita ngerasa ‘that’s the worst thing in my life!’
Tik tok, tik tok. Waktu terus jalan selama kamu menyesal bukan? Makanya, setelah kita yakin bahwa ini jalan Allah yang ujungnya sangat baik untuk kebahagiaan kita, LOVE IT.

Cintai hal yang sempet ngecewain kita
Cintai hal yang bikin kita nangis
Cintai hal yang bikin kita jerit-jerit pengen keluar, ngerasa di neraka
Cintai hal yang ‘bukan gue banget!’ itu
Cintai hal yang malesin banget itu
Cintai hal yang bahkan kamu dengernya aja udah muak
Cintai hal yang gak kita cintai

Karena ketika ujungnya Allah sudah menjanjikan sesuatu yang baik, kenapa harus ga yakin dan gak ngelakuinnya sepenuh hati?

Minjem istilah temen saya satu lagi, karena ketika kita melakukannya dengan setengah hati, kita ibarat kerupuk yang digoreng setengah mateng. GAK ADA ENAK-ENAKNYA! (kalo kue cubit setengah mateng enak, nah ini kerupuk?)

Jadi lakukan hingga tuntas, dan bukan cuman selesai, tapi SELESAI DENGAN HASIL YANG BAIK.
Kalo asal mencintai, asal ngejalanin, Allah juga bisa aja kasih hasil yang asal-asalan kan?


Do what you love
And love what you do

Yang satu mengatakan bahwa kita mesti berani melakukan hal yang kita suka, tapi tentunya yang membawa kebaikan buat kita dan orang lain. Jadi diri sendiri! Orang lain sukses atau (terlihat) bahagia, dengan caranya sendiri, dengan melakukan yang ia sukai, belum tentu kita bisa sukses dengan ngikutin cara dia kan?

Yang satu lagi mengatakan bahwa kita mesti menjalaninya dengan total. Bukan hanya mengharapkan hasil yang dijanjikan baik pula, tapi mengenai proses yang kita jalani untuk mencapai itu. Mungkin manusia sering (bahkan selalu) menilai hasil, tapi kembalikan pada Allah SWT yang selalu menilai segalanya secara keseluruhan. Bahkan seburuk apapun prosesnya, Ia Maha Melihat dan Menilai, hingga ke dalam hatimu. :)

Live your life from your heart. And your story will touch and heal people souls. (melody beattie)





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...