08 Maret 2011

Mikir (kalo) jadi orang tua

when we laughing together, i fell i can reach anything, even storm and long sadness.














Setiap liat jejeran buku-buku bedtime stories di gramedia yang kepikiran adalah anak-anak saya kelak.
Saya insyaallah akan berkeluarga, dan punya anak, itu impian semua ibu. Apa saya doang? Hehe.
Dengerin cerita para ibu di tempat kerja, tentang biaya yang harus dikeluarkan ketika kita melangkah ke jenjang pernikahan sampe punya anak, gak keeebaayaaangg.

Nikah. Buat bikin undangan, sewa tempat, menu makanan, souvenir, riasan, dekorasi, baju, upacara adat, dan sebagainya yang pasti bakalan panjang dan memakan biaya setara naikin ibu bapak saya haji.

Punya anak. Biaya bersalin, ngidamnya makanan mahal, baju anak, popok, susu, botol susu, sendok piring gelas bayi, roda, gendongan, celana, kain bedongan, gurita, shampoo, sabun, minyak wangi bayi, yaaangg akan selalu bertambah karena ukuran mereka cepat banget berubah dari yang baru lahir, sebulan, lima bulan, setahun, hingga mulai TK.

Pendidikan, TK nya, sepatunya, bukunya, baju seragamnya, pensil pulpen, penggarisnya, tasnya, yang selalu ganti tiap tahun, bahkan hingga dia selesai kuliah yaaangg masih laammaaa bangeett.

Lalu belum nanti pas bayi nangis, ngompol, bangun tengah malem, sakit, pas sekolah nilainya jelek, berantem sama temennya, dimarahin guru, diisengin temen, bolos, pacaran kelewat batas, pulang tengah malem, apa lagi? Dikasih tau ngelawan, disuruh makan gak mau, maunya maaaiiiinn terus.

Dan saya mulai berkaca diri.

Biaya yang dikeluarkan ibu dan ayah untuk mengeluarkan saya dari perut ibu saya gak sedikit.
Baju bayi, susu, dot, kain yang saya pakai mereka beli pake uang, dan uang di dapat dari bekerja, bekerja itu pake otak dan otot, dan itu pake usaha.
Biaya pendidikan saya gak murah, bayarnya juga masih pake duit, belum ganti jadi daun atau sebungkus rokok. SD aja jaman saya masih bayar, SMP nya rada mahal, smakbo pula, seharusnya kalo engga ada saya mereka mungkin udah kaya!

Lalu saya masih melawan ketika mereka meminta tolong buatkan teh setiap pagi? Atau minta masukin cucian baju saya ke dalam mesin cuci? Atau mencuci piring kotor yang makanannya pun dimasakin ibu? Atau mencuci motor yang saya gunakan, yang dibeli oleh uang mereka?

GAK KEBANGETAN TUH?

Jadi bener tau, kita akan mengerti perasaan orangtua ketika kita sudah jadi mereka. Atau setidaknya dalam kasus ini berfikir atau berandai kita jadi mereka.

We’re gonna be twenty this year guys! Dua puluh bukan masa buat DDR-an lagi, cekikikan lagi tanpa alasan di mall, hangout tanpa tujuan, nangis Bombay diputusin pacar, labil gak jelas kayak anak remaja, atau rese sama ortu.

Malu sama umur!

Kecepetan mikir itu semua? Justru kamu ketinggalan kalo udah umur 20 belum mikirin masa depan! Kita bukan anak sma yang masih bisa mikir besok ya gimana besok aja. Ya gak bisa dong ah, bukan gimana besok lah, tapi besok gimaanaa?

Wise.

Gak usah berantem sama temen karena rebutan cowok ganteng atau cwek cantik. Ga usah ngomongin si ini si itu karena sikapnya yang nyinyir dan sok gaya. Gak usah marah ketika orang mengkritik kita buat jadi lebih baik.

Karena ini udah saatnya kita mikirin, bagaimana bersikap yang baik di depan orang yang lebih muda. Tunjukkin kalo di umur 20 saya udah bukan anak sma yang manja lagi, tapi udah jadi dewasa dan bijak dalam menghadapi hidup.

Udah mulai mikirin saya mau jadi apa, saya sambil kerja biar produktif gimana, saya sambil kuliah biar aktif organisasi dan nilainya bagus gimana, saya abis lulus kuliah mau kemana, saya mau menghabiskan hidup dengan siapa. We don’t have enough time to play, play, and play guys. Masih mending dikasih bonus tambahan waktu sampe 20, nah kalo 21 nya udah wassalam gimana?

Sulit? Ya! Tapi bukan berarti mustahil kan?


Ketika memikirkan anak-anak saya kelak, saya ingin menjadi orangtua yang baik untuk mereka. Yang bisa diandalkan, yang mencoba mengerti jalan pikiran mereka, yang dekat ketika mereka membutuhkan, dan bisa meninggalkan mereka ketika mereka ingin sendiri.

Perubahan diri gak bisa dadakan, makanya saya ingin mulai dari sekarang. Sebelum semua terlambat, sebelum saya malah membentuk anak saya menjadi karakter yang pemurung, pemalu, pemarah, pendendam, tukang berantem, tidak jujur, atau bahkan kekurangan kasih sayang saya dan ayahnya. *amit-amit

As a mother my job is to take care of possible and trust God with the impossible.
Ruth bell graham.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

LinkWithin

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...